Sabtu, 29 Desember 2007

Di kejauhan....dari Jembatan Dukuh Atas..

Kali Dukuh Atas...2007


Kali Dukuh dilihat dari jembatan Dukuh Atas...
Tempat sehari-hari yang banyak kita lewati, tapi barangkali tanpa kita sadari

Kali Dukuh ini mengantarai dua wilayah Jakarta, yaitu Jakarta Selatan di sebelah kanan yaitu daerah Setiabudi dan sekitarnya. Dengan Jakarta Pusat di sebelah kiri, yaitu daerah Menteng dan sekitarnya.

Pada saat pengambilan foto ini, sungai atau kali Dukuh ini sedang dibersihkan dari sampah-sampah kiriman terutama yang menumpuk di dekat pintu air Manggarai. Niat Pemda DKI Jakarta Raya untuk membuat transportasi air dimulai dari Jembatan Dukuh Atas ini.

Peresmian transportasi air sudah pernah dilaksanakan, tetapi realisasi penggunaannya nyaris tidak berjalan karena kedalaman air sungai Dukuh tidak memungkinkan untuk menjalankan transportasi air atau rakit tanpa resiko kandas. Kalau niat Pemda melaksanakan hal ini sebagai sarana alternatif untuk mengatasi kemacetan...ya lucu banget ! Soalnya daerah yang dilaluinya sangat pendek, dan tidak mengurangi tingkat kemacetan.

Lagian...repot banget. Turun dari kendaraan, kemudian pergi ke tepi air, naik rakit beberapa meter, naik lagi ke jalan raya di Sudirman...dan kena macet lagi...hehehe...Itu belum resiko kalau rakitnya kandas . Mobil mogok bisa didorong. Rakit mogok ?????

Akhirnya sungai ini hanya menjadi pemandangan sehari-hari saja...dan setiap pagi saya lewati dalam perjalanan dari Stasiun Keretaapi Dukuh Atas menuju kantor saya di Sudirman arah Setiabudi.

Merenungi air yang kecoklatan di bawah sana, kadang miris...kadang romantis...kadang mengerikan...Tapi itulah dinamika Jakarta...seperti air yang mengalir tersendat dari kejauhan sana.


Salam sayang,


Ietje

Tidak ada komentar: