Sabtu, 29 Desember 2007

Angin bertiup...di pantai Durueng Aceh

Pantai Durueng, Aceh di kejauhan...


Ini adalah sebagian dari wilayah pantai Desa Durueng, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, NAD yang dilanda tsunami. Foto ini diambil setelah lebih 2 tahun peristiwa dahsyat itu terjadi. Wilayah ini sebagian besar masih rusak, terutama kawasan pemukiman yang bersisian dengan pantai tidak mungkin lagi dibangun karena lebar pantai sudah menyempit. Di samping itu gelombang pasang yang datang akan sangat berbahaya bila menerjang pemukiman.

Tempat saya berdiri mengambil foto ini termasuk yang lokasi yang diterjang air dengan ketinggian yang cukup untuk menyapu sebuah bangunan.

Di sekitar tempat ini masih banyak pohon kelapa berusia puluhan tahun...tinggi menjulang dengan buah yang jauh di atas sana. Bayangkan bagaimana kalau mau memetiknya ?

Saat ini angin bertiup luar biasa kencang...sehingga panas yang menyengat nyaris tidak terasa. Tapi sesudahnya kulit akan terasa gosong dan kering.

Duduk di pantai di siang yang cerah ini...memandang laut di kejauhan, tidak akan pernah terbayangkan bahwa laut biru yang cantik itu bisa berubah menjadi murka dan mengamuk seketika. Begitulah...ketika alam menunjukkan kekuasaannya...siapa yang dapat mengelak dari takdirNya ?

Kita hanya bisa menjaga...
Kita hanya bisa menikmati...
Kita hanya bisa bersyukur...


Salam sayang,


Ietje

Tidak ada komentar: